BALI – Pada tanggal 29-30 Agustus 2018 di Prime Plaza Hotel Sanur diadakan acara TableTop Exercise dalam rangka dukungan terhadap Kegiatan Tahunan IMF-WBG di Bulan Oktober 2018. Acara ini merupakan rangkaian dua hari kegiatan, hari pertama merupakan pembekalan akademik kepada para pelaku dan hari kedua merupakan pelaksanaan tabletop exercise.

Acara ini di hadiri oleh Pangdam IX Udayana, Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Direktur Pemberdayaan Masyarakat selaku PLH Direktur Kesiapsiagaan, Danrem 163 Wirasatya Bali, ASOP Kodam Udayana IX, Unsur Pengarah Bapak Bambang Munajat dari BNPB, Sekretaris Daerah BPBD Provinsi Bali, Kasubdit perencanaan Siaga BNPB, Panitia Nasional pertemuan Tahunan IMF WBG Kementerian Keuangan, perwakilan Bank Indonesia, dinas terkait daerah serta lembaga usaha dari sektor pariwisata di Bali.

Tabletop Exercise adalah salah satu teknik latihan dalam bentuk diskusi untuk memberikan pemahaman, penyempurnaan dan review peraturan yang ada. Dalam acara ini untuk memberikan pemahaman tentang sistem penanganan darurat bencana terpadu yang melibatkan multi sektoral.

Dukungan BNPB terhadap IMF-WBG sangat penting sekalipun BNPB tidak masuk ke dalam Surat Keputusan tentang penunjukan panitia Nasional untuk Annual Meeting IMF-WBG keppres RI No. 11 tahun 2017 tetapi BNPB mempunyai tanggung jawab terhadap penanggulangan bencana yang tertera dalam UU 24 tahun 2007.

Dewa Made Indra, Sekda provinsi Bali dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa latihan ini merupakan salah satu kegiatan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi jika bencana terjadi ketika Annual Meeting IMF WBG berlangsung. Sedangkan Pangdam Udayana 9, Mayor Jendral Benny Susianto menekankan pentingnya mekanisme hubungan kerja antar instansi dan pemahaman tugas dan fungsi masing masing pihak sesuai dengan regulasi yang ada sehingga jelas siapa berbuat apa.

Latar belakang pelaksanaan tabletop exercise ini adalah untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan IMF WBG yang merupakan acara penting tahunan yang menghadirkan tokoh-tokoh penting dunia, mendukung bali sebagai salah satu destinasi wisata untuk mempunyai business continuity planning yang menjamin keselamatan wisatawan, dan untuk mendukung keterpaduan sop dalam sistem komando penanganan darurat bencana.

TTX ini bertujuan untuk meningkatkan keterpaduan Penanganan Darurat Bencana melalui pemahaman risiko bencana gempa bumi dan tsunami dalam rangka mendukung pertemuan tahunan IMF-WBG 2018 dengan memperkuat respon kesiapsiagaan melalui komando darurat bencana terpadu.